“Ukir Prestasi, Raih Jati Diri Dengan Usaha, Rasa Cinta, dan Penuh Keikhlasan Kepada-Nya [U Can, If U Think U Can]"

Sunday, September 7, 2008

Ngekost Yuk?!

“Masak…masak sendiri…., Makan…makan sendiri…, Cuci baju sendiri....,Tidur pun sendiri, hidup terasa sepi, tiada yang menemani, meranalaaaaahhh….aku merana”. kayak lagu bang Caca Andika aja nih, emangnya mau ngedangdut ya? Ups…! jangan mikir ini karena ditinggal istri ya! But karena hidup sendiri taouu…?

“Masa remaja tu, masa yang paling indah. Apalagi kalo kita hidup ngekost, jauh dari semuanya!” Demikian ungkapan orang yang ngebikin remaja penasaran pengen ngekost. Hal itu pula yang ngebikin nyesel bagi yang nggak pernah mencicipi gi mana sich rasanya ngekost. Apa memang kayak gitu ya soda (baca: sobat muda)?

Hidup ngekost memang lain dari yang lain. kehidupan remaja yang hidupnya ngekost emang jauh dari kehidupan dulu, jauh dari apa yang diharapkan, diinginkan and dibayangin. Orang ngekost tu bukan tanpa alasan. Ada yang karena pengen jauh dari ortu, ada yang juga pengen disebut laki-laki, tapi itu untuk cowok aja, ada yang pengen bikin hidup lebih hidup (emangnya lagi ngiklanin rokok Star Mild ya?) Ada juga karena harus ngelanjutin sekolah di luar tanah kelahirannya. Pokoke macem-macem dah, semuanya ada di sini (Kayak lagu rumah kita aja ya? Yang di bawain ama semua artis gitu).

Orang yang ngekost tuk pengen jauh dari ortunya and mo bikin hidup lebih hidup, biasanya sih alasannya simple aja. Waktu kita nanyain kenapa mo ngekost? Rata-rata pada ngejawab “Mmmm…gimana, ya? Susah deh ngungkapinnya. Pokoknya, happy aja. Ortu udah nggak ngatur-ngatur, boleh nonton film tanpa ortu, ke mana-mana sama temen nggak ada yang ngelarang, and yang paling wah banget, udah punya temen khusus alias pacar (he…he…he, nggak takut ma dosa tuh?!) pokoknya bebas…bas…bas, mantap terasa dah”.

Lanjutnya, “Jadi remaja tu nggak perlu mikir berat-berat, serius-serius, ntar cepet keriputan and punya lapangan bola pribadi di kepala. Yang penting kudu diinget, remaja tuh…hidupnya serba easy, serba instant, nggak perlu sulit-sulit yang penting masa kecil bahagia, masa muda foya-foya,tua kaya raya and mati masuk syurga, gitu loh?!”. Ucap mereka sambil ngobralin gigi mereka sambil cengengesan.

Memang sih, jadi remaja selalu pengen yang serba murah meriah and mudah. Tapi hidupkan nggak selamanya kayak gitu. Bener khan?. Ni jawabannya kalo pertanyaan itu ditodong ama aku. “hidup ngekost tu beda banget lo!” Ya,…maklumlah lagi ngekost di sebuah asrama universitas terkemuka di Aceh untuk lanjutin kuliah. Kalo gitu bagi soda yang pengen tahu lebih tentang hidup ngekost, nyok kita bahas bareng-bareng…(cieeeeh……., mo curhat nih?).

Apa Sih Enaknya Ngekost?
Hidup jauh dari ortu alias ngekost mang beda, bikin suasana hidup kayak permen nano-nano dengan macem-macem rasa buahnya. Hidup ngekost bikin kita jadi mandiri, semua kita kerjain serba mandiri, dari bersiin kamar sendiri, tidur sendiri, cuci baju yang dah seminggu nggak kecuci-cuci and masak nasi dulu baru bisa makan semuanya serba sendiri dah (kalo mau di reppotin ma urusan gituan, ya sewa pembantu lah!).

By the way kalo tentang “Kebersamaan”?. Yups, satu kata yang mengawali enaknya ngekost. Biar makan indomie ama telor ayam ras setiap hari nggak jadi masalah yang penting bisa ngumpul bareng teman, nggak ada loe kan nggak rame…(iklan lagi,…ni orang kebanyakan nonton TV kali ya?!, seompoerna hijau jadi andalan, hiks).

Memang atsmosfer (baca: kondisi and situasi) ngekost and ama ortu beda banget. Di asrama banyak pengalaman hidup yang bisa didapatin mulai dari orang-orang . yang sanggup bergadang semalaman just for nonton bola apalagi kalo ada Piala Dunia atau Liga Champions, keesokan harinya dah ancang-ancang tidur seharian. Dari yang kamarnya paling bersih and super harum, orang yang kamar penuh dengan warna and sifat kewanitaan, orang yang mandi cuma sekali dalam sehari and masih banyak lagi.

Banyak hal yang super asik dari ngekost yang nggak bakalan kamu dapetin kalo kamu ama ortu. Waktu bulan Ramadhan, suasananya mang berbeda banget. Apalagi kalo pada permulaan Ramadhan. Ketika makan Sahur datang, anak-anak asrama pada melengkingkan suaranya dengan teriakan “Sahur-sahur” dah jadi langganan pengganggu tidur lelapku. Emang sih suara itu mirip rintihan yang ngenyobek gendang telingga ketika subuh buta. Emang kesal sih, but suara itulah yang ngebikin kami semua terjaga dari mimpi indah and merasakan bagaimana indahnya suasana Ramadhan ama santapan sahur yang ngisi lambung kami. Kata “Sahur-sahur” emang rutin di ucappin ma anak-anak asrama yang dah lebih duluan bangun atau yang tadarusan sampe waktu sahur datang.

Apalagi kalo buka puasa, anak-anak asrama selalu nukar lauk-pauk hidangan bukaan. Sampe-sampe makanan buka puasa kurang lebih sepuluh macam. Pusing sih kalo sampai harus ngehabisin sekian macam jenis hidangan yang ada. Tapi itulah kebersamaan. Belum lagi kalo ntar kalo udah Tarawih, semua anak asrama pergi ke mesjid yang jaraknya nggak jauh-jauh amat sih, cuma sekitar dua puluh meter dari tempat kost. But, tetap dilakukan dengan penuh perjuangan. Suasananya emang dah persis kayak keluarga. Canda tawa dah jadi makanan harian kalo dah jalan ngelewatin jalan setapak arah ke mesjid.

Waktu Makmeugang (baca: hari berkurban, sebutan orang Aceh untuk nyambut hari raya), semua anak kost pada ngumpulin duit nyumbangin ke mesjid untuk beli hewan kurban. Ya, mumpung hari itu liburnya pendek banget jadi anak-anak asrama pada nggak Mudik, tapi semua anak asrama jadi panitia acara Makmeugang.
Asyik bener dah pokoknya. beragam kegiatan yang dilakuin ama anak-anak asrama yang laen, mulai dari yang motongi daging, nimbangin daging, ada juga yang kecemprot darah daging. So, jadi mandi darah deh. Mo tahu lebih banyak lagi, buruan jadi anak kost dong, sebelum habis!!! (emangnya barang apa?!).

Kalo Gitu, Nggak Enaknya Jadi Anak Kost Apa?
“Allahhu akbar, allahhu akbar, allahhu akbar, la ila haillahlah huallah hu akbar, allahu akbar wa lilah ilaham”, ini adalah kalimat yang membuat hati yang seharusnya senang menyambut hari yang fitri, e…eh tapi malah ngebuat hati jadi sedih. Untuk anak kost yang nggak Mudik (baca: pulang kampung) bikin hati nggak banget deh. Rasa rindu ma ortu and sanak family muncul tiba-tiba, air mata jatuh membasahi pipi bagaikan air hujan yang membasahi daratan yang gersang.

Termenung sejenak, mengenang suasana dikala lebaran yang biasanya bareang ama keluarga. Suasana di hari kemenangan yang biasanya di penuhi canda tawa keluarga, kini hanya sendiri. Tapi, semua itu hilang, tak kala semua anak-anak berkumpul sambil ngobrol bareng melepaskan tawa dihari nan fitri.

Bagi anak kost, yang ngekost di asrama tu ada lima anjuran yang perlu diketahui. Petama, HARAM untuk malas. Kedua, SUNAH untuk ngirit uang kiriman. Ketiga, MAKHRUH untuk sakit. Keempat, MUBAH tuk begadang semalaman and yang terakhir, WAJIB tuk belajar (kayak hukum syara’ah aja ni Ya?). layaknya aturan yang tadi, walaupun sakit termasuk hal yang makhruh, but sakit tuk anak kost sangat menyakitkan. Kebayang nggak kalo, di kala suatu malam kepala tiba-tiba nge-ROCK nggak karuan, badan nge-JAZZ ria because meriang, gigi nge-DANGDUT because gemeteran ditambah lagi kalo kita hanya sendiri nggak ada yang temenin. Bisa berabe tuh. Kalo aku mah langsung ngangkat tangan and ngaku kalah kalo ternyata aku kepilih jadi wadah persinggahan tu penyakit. Amit-amit dah pokoknya. Ampuuuu…n mas, ampun!

Nggak enaknya hidup ngekost di asrama emang nampak banget dari fakta, di mana kita kudu nunggu and ngantri di kamar mandi WC umum berjam-jam padahal udah kebelet bener (Budayakan ngantri mas! Bebek aja ngantri kok!). lagi asik belajar tiba-tiba temen nyuruh nganterin perlengkapan mandi ke kamar mandi gara-gara buru-buru tuk nge-BOKER ria (baca: buang air besar), harus makek system SKS (baca: System Kebut Semalam) kalo besok ada final atau kuis, tapi temen sebelah ngidupin musik besar-besar, ada juga karena anak-anak asrama lain pada buang sampah sembarangan. So, bikin penyakit datang apalagi kalo lalat masuk kamar. habis dah makanan dicicipi ama tu lalat. Kesel deh ama anak asrama kayak gituan.

Ada Pesan Bunda Nggak?
Ngekost di asrama and di tempat kost perumahan kayaknya sama aja. Sekali anak kost tetap anak kost. Jadi anak kost, bukan cuma nyantai-nyantai aja and nunggu inspirasi yang bakalan datang sendiri. Tapi anak kost itu kudu punya visi ama misi supaya jadi anak kost yang baik, sehat, smart, produktif, kreatif, and saleh tentunya, biar nggak ada omongan jelek dari orang kalo anak kost selalu bikin onar and bikin susah orang lain.

Ni ada beberapa tips buat soda, remaja yang pengen and dah jadi anak kost di koordinat masing-masing (kayak pesan Rene Descartes aja, penemu diagaram Cartesius. Huahahahahaha…!).
Pertama, ingat tujuan. Hidup ngekost jauh dari ortu. Mulanya nggak ada orang yang kita kenal and betapa banyak cobaan yang bakalan kita temuin selayaknya ujian ketika final. Yang satu ini emang bener-bener penting untuk kamu yang pengen jadi anak kost.. “Ingat Tujuan Hidup Mu Datang Kesini”, emang sih statement ini biasa aja, tapi berjuta teguran and nasehat yang harus soda ingat selama jadi anak kost (Ingat…ingat, Tiiiiing!). Kalo perlu tu tulisan ditempel di dinding kamar biar selalu kebayang di setiap langkahmu. Kalo soda datang kesini untuk ngeraih cita-cita and demi sebuah perubahan yang berarti, soda kudu ngegapai segala harapan dengan sungguh-sungguh dong. Jangan ekspresi aja yang gede kayak mount efferest tapi nyatanya kecil kaya amoeba. So, buktikan ekspresimu!

Kedua, “fokus”. Istilah kerennya, professional. Yaitu ngelakuin semuanya berdasarkan pengetahuan (knowledge), terampil (skill), pengalaman (experience) and sikap mental (attitude). “Lho, aku kan masih pelajar (baca: mahasiswa), apa dituntut professional?”. Ya iyalah! Substansinya memang kayak gitukan? contohnya, jika soda memilih jurusan eksakta, maka soda kudu dalamin benar-benar ilmu-ilmu alam. Pinter and terampil ngerjain tugas-tugas yang berhubungan dengan eksakta. Misalnya kayak matematika, fisika, kimia, biologi and lainnya. Untuk dapat menguasai itu semua kamu kudu terus berkecimpung disitu sehingga membentuk pengalaman, baik teoritis maupun praktis (he…he…he…kayak pakar pendidikan aja). Yang penting setelah itu adalah sikap mental, dengan mengejar ilmu dengan orientasi yang benar and kuat. Kemungkinan besar kamu pasti berhasil. Masih inget nggak kata bang Enstein CS, yang rada-rada kribo, “jangan mengganggap tugas belajarmu sebagai kewajiban, melainkan pandanglah itu sebagai sebuah kesempatan untuk menikmati betapa indahnya dunia ilmu pengetahuan. Kepuasaan hati yang diberikannya serta manfaatnya yang akan diterima oleh masyarakat apabila hasil jerih payahmu berhasil”.

Ketiga, jaga kesehatan. Bagi soda yang mo rasain hidup anak kost kudu berani tahan banting. Kudu siap menghadapi apa yang namanya sakit. Terserah mo sakit apa. Tapi jangan diundang dong. Bisa berabe tuh!
Supaya nggak kesentuh ama yang namanya sakit, soda kudu ngejaga kondisi tubuh supaya selalu fit and segar bugar. Minum banyak vitamin kayak A, B, C, D, …(lagi ngajarin anak TK huruf abjad ya?(^_^)he…he…he..), ngejaga makanan yang di makan. Bersih and sehat nggak? Juga makan buah-buahan. Jangan mentang-mentang anak kost jadi kudu selalu makan mie sama telor ayam melulu.

Keempat, hargai waktu. Memang sih jadi anak kost nggak ada yang larang, semuanya sesuka hati. Mau ini, mau itu ya sesuka hati kita. Ada pepatah bilang, “Waktu laksana sebilah pedang”. Kalo pemiliknya pinter gunainnya, pedang itu menjadi senjata yang paling ampuh untuknya. Sebaliknya, kalo ceroboh yang gunaiinnya and nggak terampil, pedang tu bisa ngelukain dirinya bahkan menebas lehernya sendiri. So, pinter-pinter bagi waktu dong.

Kelima, hargai orang lain. Memang hidup kost serba dikerjain sendiri , tapi nggak bikin hidup juga sendirikan? Kalo tinggal di kost kudu pinter ngejaga komunikasi ama orang lain dong, apa lagi ama tetangga kamar kost. Kan dia yang nolong kalo terjadi apa-apa. Kalo ada makanan dikit, ya dibagiin ama temen kost-an jangan pelit-pelit. Kalo soda punya kemampuan lebih terhadap pelajaran, pa salahnya sih kalo soda sudi ngebagi ilmu untuk rela ngajarin mereka yang kurang mampu. Dijamin dah soda nggak bakalan bangkrut ilmu. Kan kata pak guru “Semakin soda ngajarin orang lain, ilmu yang soda miliki bakalan melekat di kepala soda layaknya lem Alteco”. Dengan gitu soda bakalan punya banyak teman.

Keenam. Kira-kira kenapa kebanyakan orang (termasuk kita-kita kali ya?) suka kedatangan musim malas, kurang bersemangat, kurang bergairah gitu? Kalo suatu saat musim tuk bergairah and semangat, kudu dipanas-panasin bahkan suka maksa orang lain, biasanya yang rutin kita lakuin ma otru tuk nurutin semua pinta kita kan? Jangan ngeboong deh!
Emangnya kenapa sih, harus ortu yang selalu kasih nasehatin, perhatiin sampe teriak-teriak gitu? Pak guru juga nggak henti-hentinya cas, cis, cus nanamin betapa pentingnya belajar. Ustadz. Juga nggak mo ketinggalan tuk ngasi motivasi and kudu selalu rajin shalat lima waktu, baca Al-Quran setiap saat, pokoknya segala macem deh supaya bikin hidup kita jadi greeeen(emangnya Green Tea…!). Nah, itu emang udah jadi kewajiban kita kan?). So, to the point aja ya…, kalo kita dah jadi “anak kost”(cieeeh, nak kost nih), jangan lagi kudu disuruh-suruh and motivasi harus lahir dari diri kita sendiri. Perbuatan baik yang kita lakuin kan juga untuk diri kita sendiri.

Ketujuh, produktif dikit napa? Soda…! kata orang-orang, ciri orang yang produktif tu pasti bisa ngasilin duit! Soda setuju nggak? Belum tentu juga prokdutif itu artinya ngehabisin waktu buat ngeriset and duduk di depan computer dari pagi ampe pagi lagi Cuma untuk hal yang sia-sia. Apa lagi kalo produktifnya bisa ngejar prestasi setinggi-tingginya seperti ikut lomba tingkat provinsi, nasional sampe-sampe bisa dapat medali emas tingkat internasional (Wah, dijamin dah soda and ortu soda bakalan seneng banget sama prestasi yang soda raih). Nah, kalo dipahamin salah satu kriteria orang produktif adalah bisa ngasilin duit, boleh juga dong? Ya nggak apa-apa lah! Sambil Bantu ortu biar subsidi yang dikirimin tiap bulan nggak jadiin ortu yang dikampung cekak-cekak amat.

Soda…! Sebagai ungkapan terakhirku dari tips-tips tadi, aku and soda sebagai anak muda perlu diinget satu hal penting. Masa remaja hanya sekali, nggak akan pernah terulang lagi manakala telah terlewati. Jangan sampe masa itu terlewati sia-sia. Karena nggak bakalan ada kesempatan tuk perbaiki apalagi bahkan tuk ngulangin semuanya. Mungkin itu aja, tips-tips ampuh yang bisa soda cobain. Satu hal, bagi yang mo ngerasain and dah jadi anak kost. Jangan malu and takut jadi anak kost, memang sih banyak cerita orang kalo jadi anak kost identik dengan kesengsaraan. Tapi semua itu nggak benar, nikmatin aja oke! Nggak semua yang lho denger itu bener (lagi-lagi iklan….marbels pula jadi slogan). Selamat mencoba ya and selamat dapatkan title “anak kost sukses”.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Pesan di Blog Rian

 
rianprestasi.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com